| ]

Salam kenal dok. Saya ingin konsultasi, sudah hampir dua tahun menikah saya belum dikaruniai keturunan. Haid saya sebenarnya teratur tiap bulannya hanya setelah menikah seringkali mundur 5-7 hari dari jadwal. Saya baru konsultasi ke bidan saja, saran bidan saya mengkonsumsi makanan bergizi, menghindari makanan instan dan olahraga teratur. Saya belum pernah ke Spog, saya khawatir kalau disuruh mengkonsumsi obat bisa mempengaruhi siklus haid. Apa benar kekhawatiran saya ini, dok? Apa saran dokter agar saya bisa segera punya keturunan? Oya dok, bidan saya bilang, faktor terbesar adalah dari istri karena itu dia lebih memprioritaskan saya daripada mencari sebab dari pihak suami karena itu suami saya juga belum pernah diperiksa apapun, bagaimana menurut dokter tentang hal ini?
Thanx banget buat sarannya ya, dok
======================

Salam kenal juga
Sebetulnya baik dari laki2 maupun wanita punya andil yg sama dalam menyebabkan infertilitas (sulit punya anak). JAdi salah tuh bidannya kalo ngomong gitu.

Kalau ke SPOG, nggak langsung di kasi obat kok...langkah pertama adalah dilakukan analisa sperma. Aku justru banyka menemukan kasus infertilitas dimana kualitas maninya yg bermasalah...

Nah ntar kalau mani ok, baru di periksa apakah ibu ada ovulasinya atau nggak...dst. My advice: see a spog immediately ok..?