| ]

Dok, saya shelly 25 tahun,saat ini saya hamil 31 minggu..saya ingin menanyakan
1. Haid terakhir saya tanggal 7 September 2008,tapi yang keluar hanya flek dan sedikit darah.Menurut perhitungan bidan dan dokter HPL saya 14 Juni 2009,tapi menurut USG pada kehamilan 16 minggu,HPL nya 1 Juli 2009,mana yang benar?
2.Saya mengalami keputihan sejak hamil,berupa gumpalan putih dan berbau.Tapi sejak 2 minggu terakhir ini semakin parah,keluar banyak,berwarna kuning,kadang berbau dan gatal sekali..Sampai timbul bintik-bintik merah pada selangkangan dan sekarang merembet ke vagina..Vagina jadi merah,perih dan gatal..bagaimana mengatasinya dan berbahayakah bagi kehamilan saya?
Terima kasih
===================

Yth Ibu shelly
Perhitungan yang 14 Juni itu sdh bener, krn kl yang september itu bukan haid maka persalinannya bisa lebih maju lagi yaitu bulan lima (May). Pengukuran usg biasa ada kesalahan kok...dan itu lumrah

Keputihan yang gatal dan berbau mestinya diperiksa dulu ke lab untuk menentukan jenis kuman penyebabnya, krn kalau tidak pengobatannya bs multi drug (lebih dari satu macam obat). Keputihannya bs menyebabkan persalinan kurang bulan maka harus diobati bu...

Saran aku sebaiknya periksakan dulu ke lab keputihannya...baru diberikan terapi yang sesuai dengan kuman/organisme penyebab