| ]

Halo dokter, saya Widy usia 26 tahun, baru 7 bulan menikah dan ingin sekali segera hamil. Siklus haid saya setiap bulannya selalu diatas 30hari. Kadang pernah sampai 39hari. Tapi kalau siklus 6 bulan dirata2kan, siklus rata-rata 35 hari. BBT saya juga sepertinya tidak pernah naik atau turun drastis. BBT berkisar 36 derajat paling rendah dan 36,3 paling tinggi. Kadang sulit saya mengira2 ovulasi.

Seperti hari ini adalah hari ke 37 di siklus saya dan saya akhir2 ini sering lemas, gampang capek, perut kiri bawah nyeri dan merasa mual-mual. Saya tidak berani test pack karena gak mau kege-eran dulu. Karena ibu saya yang seorang bidan pernah bilang karena mual biasa terjadi menjelang haid dikarenakan hormon yang sedang tinggi. apa benar begitu, dok? dan apakah siklus saya yg diatas 35 hari ini tidak normal, menyulitkan saya untuk hamil dan harus mendapatkan treatment dokter obgyn? Terima kasih.
================

Yth Widy
Siklus haid yg normal adalah 21-35 minggu, jd jika melebihi 35 hari artinya siklus haid yg memanjang. Sebetulnya nggak bermasalah jika siklus haidnya berovulasi. Jika nggak berovulasi baru masalah untuk menghasilkan kehamilan.

Ada cara lain yang lebih canggih untuk deteksi ovulasi yaitu dengan USG transvaginal atau kl ingin melakukan deteksi sendiri dengan mempergunakan test pack kesuburan (merknya antara lain FERTI TEST).

Gejala mual menjelang haid memang kadang ditemukan...sebetulnya melakukan test secepatnya begitu terlambat adalah sangat baik, krn bisa cepat dilakukan langkah2 untuk memperkuat kehamilan dll.