| ]

Dear dr. Didi
Hallo dok, aku pengen konsul lagi nih. Sekarang kehamilan aku menginjak 5 bulan
1. Aku kok kadang suka migren disertai muntah, yang bisa aku pantau penyebabnya kalau aku tidurnya keganggu, atau abis makan semangka (percobaan 2 kali) apakah memang semangka itu bisa menyebabkan migren dok? Aku konsul ke Spog aku, katanya mungkin dr tekanan darah, tapi setelah aku cek darah dan urin semuanya normal. Jadi kenapa ya dok, apalagi tempo hari aku pernah baca katanya bumil yang sering migren resikonya jantung, diabetes dan penyakit2 yang menyeramkan lainnya.

2. Kadang rahim sebelah kiri bawah aku suka ngilu tapi tidak lama, dan kalo pipis itu ngilu juga (tapi tidak sering, baru 2 kali). Kalo kata Spog aku, katanya gangguan pencernaan memang biasa terjadi pada bumil, tapi aku kurang puas atas pernyataannya, jadi aku pengen tanya ke dr. Didi sajah. Kira2 kenapa ya dok, semoga ini memang biasa terjadi sama bumil lainnya.

3. Aku pengen tau (setelah aku baca postingan dr. tentang jumlah gerakan bayi), apakah bayi pada umur kehamilan 5 bulan memang harus sudah aktif sekali dok pergerakannya. Soalnya aku suka gak "ngeh" kalo dia gerak2 kalo aku sedang sibuk kerja. Paling dia gerak2 kalo aku sudah tiduran, apa itu normal??
Sekian dok pertanyaan saya yang banyak (hehehe) terimakasih dok.
Salam,
Rany-Bandung
______________________________________________________

Halo juga

1. Beberapa pencetus migarin:

* Stress
* Cokelat
* Keju
* Kopi
* Cuaca
* Hormon

Untuk semangka bisa jadi (aku gak tahu pasti). Nggak sampai menyeramkan gitulah

2. Mengenai nyeri perut saat hamil sdh aku buat post nya panjang lebar, BACA INI

3. Gerakannya memang akan sangat banyak terasa di TM II, sedangkan di TM III karena sdh penuh (besar) maka gerakan terasa tidak sebanyak di TM II. Sedangkan siang atau malam yang dominan gak masalah, itu tergantung siklus "TIDUR-MAIN" nya bayi.

Salam