| ]

Dokter, saya mau tanya. Saya udah 2.5 tahun menikah. Saya lagi ngebet banget pengen punya anak, Haid saya tidak teratur, baik jadwal maupun darah yang dikeluarkan. Kadang banyak..... sekali (sampai keluar darah yang menggumpal), kadang hanya kecoklatan. Pada bulan November, saya cek up, hasilnya saya sehat2 saja, dan saya diberi blesifen sebanyak 6 butir.

Saya sempat baca2 di artikel orang, katanya obat penyubur juga bisa mengakibatkan kista. Entah kebetulan, apa emang fakta. Pada bulan Desember, saya tidak haid, dan Januari saya haid sampai 20 hari, itupun hanya kecoklatan. Lalu saya Cek Up ke dokter yg berbeda (Januari - februari), ternyata, saya punya kista endrometriosis di kiri diameternya 3.5 cm, dan ada penebalan dinding rahim (kata orang jawa = jerawat rahim).

Sebelumnya, saya minta Maaf jika ini kepanjangan....
Pada bulan Februari, Haid saya banyak sekali, seperti orang sedang nifas, setiap saya gerak sedikit saja, darahnya langsung mengalir seperti air seni. sehari, saya menghabiskan 5 pembalut yang tebal. tapi anehnya, meskipun banyak darah yang keluar, saya tidak merasa kelelahan. Pertanyaan saya, kenapa saya harus mengeluarkan darah segitu banyaknya? Apakah ini normal? Apakah kotoran yang ikut serta dengan darah itu adalah pertanda bahwa jerawat rahimnya terbawa pecah?

Sekian dari saya, mohon maaf yang sebesar2nya. & terimakasih.
-------------------------
Dear Ibu...
Kista yang muncul apalagi diduga akibat endometriosis tidak berhubungan dengan obat penyubur yang dimakan. Sedangkan penebalan dinding rahim itu bisa jadi suatu hiperplasia sehingga saat haidnya keluar tentu saja menjadi banyak. BACA INI