| ]

Dear Dokter.....
Salam kenal. Saya ibu dari seorang anak bernama dea (3 bulan). Saya ingin sekali dea dapet ASI exlusive hingga 6 bulan cuma masalahnya dea udah ga' mau minum langsung ma saya sejak 2 bl yang lalu (mungkin karena dia bingung puting). tapi karena keinginan saya yang kuat untuk memberikan ASI exclusive jadi saya berikan ASI dengan cara diperah.
yang jadi masalah saya sekarang adalah payudara saya yang kanan terasa kaku sekali dok. Pada saat diperah keluarnya ga' bisa lancar n muncul benjolan - benjolan kecil di beberapa bagian. Yang saya tanyakan :
1. Kenapa bisa seperti itu ya dok? apa itu yang dimaksud dengan penyumbatan payudara? bahaya ga' dok?
2. Gimana cara ngatasinnya?
3. Berapa lama benjolan dan rasa kaku serta nyeri itu bisa hilang dok? mengingat selama ini udh saya kompres n sdh saya tanganin dg cara mengeluarkan asi dengan tehnik botol hangat n hasilnya dah mendingan, tapi lum hilang 100%. saya takut nanti keburu jadi abses dok.
Mohon jawabannya ya dok!
Terima kasih sebelumnya.
(Bunda Dea)


Yth Bunda Dea
Ini sebetulnya terdapat 2 masalah dalam proses menyusuinya
1.Engorged breasts : payudara keras dan seperti ada benjolannya
Jangan menerapkan kompres panas justru malah akan memperburuk. Cara mengatasinya antara lain dengan memakai bra yang tidak terlalu ketat bahkan dimalam hari saat tidur sekalipun. Biasanya di luar ada bra khusus untuk menyusui. Kaluarkan asi secara rutin, saat disusui lakukan masase di payudara. Kompres dingin dengan es sesaat dan sebentar setelah menyusui. Jangan terlalu sering dipompa, malah akn makin memperberat keadaan. Jika nyerinya kuat sekali bisa mengkonsumsi obat anti-nyeri.
2. Masalah kedua adalah babyi yang gak mau nyusu, baca ini.
Semoga membantu