| ]

Salam kenal dok,
Dok, saya seorang ibu yg bekerja di sebuah perusahaan di Kalimantan, anak saya saat ini berusia 3 bulan dan dia sekarang tinggal di Jawa, saya ingin Tanya mengenai beberapa hal, yang selama ini mengganjal di hati dan pikiran saya.
1. saat saya periksa kandungan yg menginjak waktu perkiraan lahir, kandungan saya belum turun, dan setelah di USG ternyata dokter bilang ada pengapuran dan jumlah air ketuban berkurang, kenapa itu bisa terjadi ya dok?
2. saat melahirkan, saya menjalani proses Caesar yg sebelumnya dirangsang terlebih dahulu dengan diberi obat sampai 4 kali, ternyata tidak juga ada pembukaan, dan setelah beberapa hari ternyata saya baru tahu bahwa si kecil ternyata diberi antibiotic karena air ketuban saya berwarna hijau, mengapa itu bisa terjadi dok? Saya saya Tanya dokter dan suster menjawab karena kemungkinan saya minum jamu (memang saya pernah konsumsi tapi tidak sering dan banyak), apakah itu benar, karena saya juga tidak bisa terima pernyataan itu karena ibu saya dulu juga sering minum jamu dan tidak mengalami hal ini (ketuban hijau)
3. anak saya sudah tidak saya beri asi saat usia 2 bulan, (terpaksa saya lakukan karena saya harus bekerja) sekarang anak saya mengkonsumsi susu formula (bebelac) apakah ini akan mengurangi kecerdasannya dok?
4. saya ingin saat saya kembali saya bisa menyusui lagi (saya cuti 3 bulan sekali) apakah boleh dok?
5. selama ini saya masih memompa Asi, supaya masih bisa keluar saat pulang nanti, apakah tidak berbahaya untuk payudara saya bila tiap hari dipompa, karena ada yang bilang nanti zat kapurnya akan hilang?
Maaf dok bila penjelasan saya agak panjang dan ribet, saya mohon bantuannya. Terima kasih atas waktu dan bantuannya
dee
----------------------
Salam kenal juga
1. Terjadi akibat usia kehamilan yang sdh lewat. Air ketuban sdh tdk bnyk diproduksi. Ari2 yg menua akan mengalami pengapuran.
2. Air ketuban hijau diakibatkan oleh adanya gawat janin saat dirangsang.
3. Tidak kok
4. Boleh saja
5. Tidak kok oke2 saja...
Salam