| ]

Pagi, Dok!!

Saya mau konsultasi niy,,,
Saya gadis berusia 23 tahun. Pada masa pertumbuhan saya malas makan. Berat badan saya tidak proporsional, saya termasuk kategori kurus dengan berat badan 48 kg dan tinggi badan 164 cm. Masa puber saya telat. Saya baru haid pada usia 17 tahun. Pada awalnya, haid saya tidak lancar. Saya melihat itu sebagai sesuatu yang wajar karena hormon reproduksi saya belum stabil. Akan tetapi, pada tahun berikutnya saya sama sekali tidak mengalami haid, sekitar 2 tahun.

Selanjutnya, saya konsultasi dengan dokter kandungan, katanya saya kekurangan hormon reproduksi. Akibatnya, tidak terjadi ovulasi. Selain itu, jika dibandingkan dengan perempuan lain, ukuran payudara saya kecil. Dokter memberi saya hormon sintetis yang diminum setiap hari sehingga menstruasi saya lancar. Sekarang saya menghentikan penggunaan obat tersebut karena takut ada efek sampingnya.

Yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Apa yang menyebabkan saya kekurangan hormon?
2. Bagaimana caranya agar siklus menstruasi saya kembali normal tanpa minum obat sintetis?
3. Apakah saya dapat memiliki keturunan, sementara saya tidak tahu kapan masa subur saya?
4. Apakah nanti saya dapat menyusui anak saya?
5. Apakah ada hubungannya antara kekurangan hormon dengan libido?

Terima kasih, Dok.


1. Kekurangn hormon bisa diakibatkan oleh kekurangan gizi...
2. Sebetulnya obat tersebut tidak dimakan secara terus menerus, biasana untuk pengaturan haid hanya dimakan selama tiga siklus, gunanya buat mengajarkan otak untk membuat pola hormon yang sama. Coba naikkan berat badan sampaitercapai berat badan ideal.
3. Bisa saja. Kan ada obat pemicu ovulasi.
4. Saat hamil nanti payudara akan membesar...jika dirawat dengan tepat maka jumlah asi akan banyak.
5. tentu saja ada, terutama jika kekurangan testosteron maka libido akan menurun.
Salam