| ]

Salam Kenal dok...
Saya bumil anak ketiga, saat ini usia kandungan saya 16 minggu. sejak usia kandungan saya 12 minggu saya terserang batuk tapi gak demam.. oleh spog, saya diberi obat silex (dosis 3 x 1) dan antibiotik cefadroxil 500 mg (dosis 2 x 1) setelah minum 3 hari, batuk saya gak sembuh-sembuh. saya baca di inet dikatakan dalam trisemester I gak boleh ada obat-obatan sama sekali jadi saya stop minum obatnya lagian gak sembuh juga... udah segala macam cara mulai dari minum madu, jeruk ama kecap, air hangat tetap gak sembuh juga...yang mau saya tanyakan :
1. Apakah obat yang saya konsumsi aman buat janin.
2. Kalau saya batuk apakah dapat melukai janin mis. terbentur.
3. Apa efek bagi janin yang ibunya batuk
4. Sampai sekarang saya belum merasakan gerakan janin baik itu kedutan apalagi tendangan. (tapi hasil usg terakhir jantungnya baik, kata spog saya saat itu janin lagi tidur)
5. Adakah cara atau obat lain yang bisa menyembuhkan batuk saya ini.
Terima kasih sebelemunnya
Ibu Amalia di Makassar
--------------
yTH ibu Amalia
1. Cefadroxil aman buat hamil muda juga kompatibel buat ibu menyusui. Dalam berbagai penelitian aman buat bayi yang dikandung.
2. Tidak bu, kan ada air ketuban yang melindungi dari benturan
3. Nggak ada bu.
4. seharusnya pada anak ke 2 dan seterusnya gerakan bayi sdh dirasakan pada kehamilan 4 bulan. Coba ibu baca tentang ini (KLIK).
5. Jika batuknya karena infeksi tentunya ibu harus nmengkonsumsi antibiotika yang tepat, atau masih mempan ke kuman penyebab. Jika batknya tidak disebabkan infeksi ibu cukup mengkonsumsi obat batuk kering atau berdahalk sesuai kondisi.
Salam