| ]

Dengan hormat,
saya ibu dengan satu anak laki-laki umur 3 bulan, saya waktu lahiran cesar karena saya punya penyakit hemoroid yang setahun lalu pernah oprasi dan waktu saya hamil 9 bulan hemoroid saya timbul lagi bahkan berdarah, ketika saya konsultasi pada dokter kandungan saya dia menganjurkan saya lahiran cesar karena ditakutkan pembuluh darah hemoroid saya pecah saat saya mengedan pada lahiran normal, mendengar itu saya jadi sedih karena dari awal saya menginginkan lahiran normal, memang pada saat usia kandungan saya 9 bulan pernah beberapa kali saya mules tapi hil;ang lagi dan ga pembukaan bahkan saat dokter menyarankan saya cesar itu karena sudah melebihi 1 minggu dari tanggal perkiraan, tapi ketuban saya masih ada.
1.Walaupun sekarang sudah terlanjur Cesar tapi saya penasaran sebenarnya kalau kasus saya seferti di atas saya ungkapin sebenarnya bisa ga saya kalau dipaksa lahiran normal, pernah tidak orang yang memiliki hemoroid seperti yang saya derita bisa lahiran normal.karena sampe saya di ruang oprasi mau cesarpun saya masih merasakan perih akibat hemoroid saya itu?
2. setelah saya oprasi cesar hemoroid saya mengecil bahkan bisa masuk ke anus secara otomatis setelah buang air besar, karena saya pun dikasih obat CIPLON dan FAKTU yang di masukan ke anus.tapi selang beberapa lama ketika saya dah minum obat itu dan kembali kerja hemoroid sya kambuh bahkan setiap buang air besar keras dan sakit bahkan berdarah, karena takut akhirnya saya ke dokter spesialis bedah, setelah minum obat beberapa hari tetap seperti itu, akhirnya dokter langsung ngambil tindakan saya di LIGASI istilah dokternya saya masuk ruang oprasi lagi, tapi dampaknya sampe sekarang udah 2 minggu setiap buang air besar saya sakit dan perih bahkan hemoroidnya masih kelihatan menonjol di sekitar anus,dengan cara apa dan obat apa supaya setiap buang air besar saya ga perih karena obat yang di kasih dokter sekarang ga pengarung yang lebih enakan kalau saya rendam pake cairan yang dokter bedah kasih, kata dokternya dia ga bisa ngasih obat yang keras karena saya lagi menyusui.
3 Apakah setelah Cesar benar tidak boleh KB PIL dan SUNTIK, dan KB apa yang Cocok buatwanita yang habis Cesar?
4 penderita hemoroid dan pernah cesar kaya saya mungkin ga bisa melahirkan normal di kehamilan yang ke 2?
5. Setelah berapa lama wanita yang tidak di KB setelah melahirkan bisa hamil lagi?
ATas jawabannya saya ucapkan terima kasih.


Yth ibu....
1. Hemoroid bukanlah indikasi cesar, mungkin ada pertimbangan lain. Kaehamilan bisa lewat maksimal 2 minggu dari perkiraan lahir. Setelah itu dinilai apakah memnuhi syarat buat dilakukan induksi persalinan (rangsangan).
2. Untuk kasus hemoroidnya aku gak kompeten.
3. Boleh bu, tetapi karena ibu ada hemoroid maka tidak diperkenankan Kb yang bersifat hormonal
4. Bisa bu, asalkan memenhi ketentuan, seperti bayi letak kepala, tidak besar, tunggal dll.
5. Untuk bekas cesar, ketetapan dokter spog adalah minimal jaraknya 2 tahun.
Salam