| ]

Salam kenal dok!!
saya punya masalah haid yang tidak teratur dari pertama kali saya mendapatkannya (sekitar umur 11 tahun)
jadi tidak setiap bulan saya mendapatkannya kadang telat sampai 1-2 bulan. awalnya saya pikir normal karena waktu itu umur saya masih menginjak remaja, tapi setelah saya berumur 23 tahun kejadian itu tetap berulang. saya sudah memeriksakan diri ke dokter dan sempat di usg juga. Hasilnya usgnya tidak menunjukkan penyakit apapun sehingga dokternya mengklaim klo itu terjadi karena adanya gangguan hormon. obat yang diberikan saat itu adalah provera, tapi karena kurang efektif dan penjelasan dokter yang kurang memuaskan akhirnya saya menghentikannya.
Sekarang ada masalah baru dalam siklus haid saya, jadi setelah saya mendapatkan haid,1-2 minggu kemudian keluar cairan hitam sampai saya mendapatkan haid berikutnya. kejadian ini sudah terajadi setelah 2x saya mendapatkan haid. apakah ada hubungannya dengan hubungan intim, karena waktu saya ML dengan suami saya penisnya (maaf!!) seperti menyentuh ke dinding rahim saya. setelah kejadian itu besoknya muncul cairan hitam. apakah hal itu normal dok? lalu apa yang harus saya lakukan supaya haid saya teratur supaya saya bisa hamil.
terima kasih
fitri - depok
----------------------
yTH Bu fitri
Haid yang jarang2 itu sebetulnya tidak bermasalah asalkan haidnya menghasilkan telur atau ovulasi. Ibu bisa mengecek ada tidaknya ovulasi dari USG atau dengan cara test urun pakai Ferti Test dll. Sedangkan darah yang keluar setelah haid selesai dinamakan bercak paska haid yg juga sebetulnya bukan masalah besar.
Perdarahan yang keluar setelah sebelumnya ML jika tidak merah segar memang kemungkinannya berasala dari dalam rahim (bercak paska haid tadi). Namun jika warnanya terang bisa saja berasal dari leher rahim yang lecet akibat ML (juga gak bahaya). Kalau ada waktu periksakan diri dan pap smear...
Salam...:)