| ]

halo dok, saya mau tanya nih udah bingung banget...

saya gadis umur 23 tahun. setahun lalu pemeriksaan USG saya punya benjolan di dada kanan yang diduga dokter radiologinya fibrolipoma -tanpa vascularisasi- dan ukurannya kurang dari 3cm. letaknya arah jam 11. dari luar / permukaan tidak terlihat, dan tidak sakit sama sekali.

saya insyaAllah akan menikah dan dokter obgyn saya menyarankan agar saya tidak menggunakan pil -atau kontrasepsi hormonal lainnya- sebagai alat kontrasepsi karena fibrolipoma tadi.

pertanyaannya:
1. apa yang anda rekomendasikan untuk alat kontrasepsi jangka panjang untuk saya ? saya ingin menunda kehamilan selama 2 tahun.
2. apakah jika fibrolipoma saya diangkat saya boleh menggunakan pil sebagai alat kontrasepsi?
3. selain kondom, apakah saya bisa menggunakan metode pantang berkala? saya telah mencatat siklus haid saya setahun terakhir.

terimakasih sekali.

--------------------

Sebelumnya selamat dulu...
1. IUD is the best, karena efektif serta tidak mengganggu kesuburan
2. Sebaiknya nggaj usah juga, karena yang gituan biasanya punya bibit2 yg lainnya yang belum terlihat.
3. Bisa saja, tetapi metode Kb alami sebaiknya dikombinasikan dengan yang lainnya baru agak lumayan efektif, baca ini hati2 angka kebobolannya tinggi
Salam