| ]

dokter..... saya mau nanyaa.. umur kehamilan saya sekarang kira2 sudah 5 mingguann.. dan saya masih berusia 23 tahun.ini kehamilan pertama saya.yang membuat saya khawatir adalah :
1.apakah flek berbahaya untuk umur kehamilan yang masih muda ini? karena saya mengalami flek sebanayak 3 kali. walaupun memang sedikit, saya khawatir sekali.
2.saya mengalami rasa nyeri yang teramat sangat seperti yang saya rasakan pada saat haid. tetapi KADANG - KADANG rasa nyeri hilang saat saya buang gas.
3.saya adalah seorang perokok, saya sangat susah sekali menghilangkan kebiasaan ini.walaupun sudah saya kurangi merokok menjadi 3 atau 4 batang per harinya. tapi saya ingin berhenti total. tolong ,dok gimana cara menghilankan kebiasaan buruk ini. karena saya tidak mau anak saya kenapa-kenapa.
terimakasiiii..saya harapkan mendapat jawaban secepat mungkin ya dok.. karena saya kawatir sekaliiii dengan kehamilan saya..
salam,

Dear ibu...
Gejala yang ibu alami adalah gejala perdarahan akibat adanya keguguran yang mengancam, bisa saja akibat ibu yang perokok serta bisa sebab lainnya seperti kelainan kromosom , kekurangan hormon dll sbgnya. Untuk itu perlu diberikan terapi yang sesuai dengan kausanya/penyebabnya.
Terapi umu berupa bedrest total dan tidak ML. Terapi obat2an disesuaikan dengan situasi seperti pemberian antibiotika, hormon progesteron dll.
Sebaiknya hentikan merokoknya...caranya kan macam2...salah satunya dengan hypnoterapi...(Rommy rafael ada buat bukunya serta ada CD nya coba saja mana tahu berhasil :D )