| ]

dok,saya gadis 24th.2th yang lalu saya didiagnosa kista endometriosis 5cm, oleh dokter saya dianjurkan segera menikah dan hamil, tahun ini saya usg ukuran kista jadi 6,9cm curiga kista ovarium, saya pernah berobat ke dokter lain  disarankan pengobatan hormonal, tapi efeknya bisa osteoporosis, saya bingung..... takut klo diambil ga bisa punya keturunan.... Apa yang harus saya lakukan dok... saya takut klo kista itu ternyata duplex...jadi diambil 2nya berarti saya gha bsa punya kturunan...tahun depan saya ada rencana menikah dan ingin punya keturunan..apa yang harus saya lakukan dok,,, thanks .GBU
----------------
Memang sering terjadi. Sebetulnya terapi dengan hormon yang menyebabkan osteoporosis tersebut bisa diminimalisir efeknya, tetapi nggak menjamin kistanya hilang, paling mengecilkan ukuran atau mengurangi perlengketan saat akan dioperasi.

Pilihan terbaik buat yang belum menikah adalah pembedahan konservatif. Dan dalam penelitian didapatkan lebih resonsif terhadap khamilan.