| ]

Selamat sore dokter Didi....
Saya berumur 29 thn, sedang mengandung 9 minggu anak pertama saya. Pada saat kehamilan 8 minggu saya melakukan tes TORCH dan hasilnya Rubella saya positive, dokter kandungan saya minta untuk di tes ulang di tempat yg berbeda, hasilnya belum tau karena belum saya ambil. Yang mau saya tanyakan:
1) Apakah penyebab dari virus Rubella ini?
2) Apa yg harus saya lakukan kalo seandainya saya terinfeksi virus ini?
3) Apakah dampaknya terhadap janin saya?
4) Bagaimana caranya mencegah virus ini agar tubuh tidak terifnfeksi?
Terima kasih sebelumnya...
Salam,
Dian
-------------------------
Yth Ibu Dian
1. Maksud ibu cara penularan? Bisa melalui airborn (melalui udara, kontak dengan orang yang terkena)
2. Ntar dilihat dulu apakah infeksinya aktif atau hanya jejak infeksi sebelum hamil, kalau hanya jejaknya saja tentunya nggak berebahaya, tetapi kalau infeksinya aktif tentunya bisa berefek ke bayi yang dikandung. Ntar bayinya bisa terkena "Rubella Baby Syndrome", coba browsing...
3. Terjawab di no 2.
4. Virus menyerang jika daya tahan tubuh melemah. Jadi cukup istirahat dan cukup makan serta menghindari keramaian biasanya bisa mencegah infeksi ini....
Salam...