| ]

Hallo Dokter Didi....
Dok mau konsultasi nih dok, soal ketidakseimbangan hormonal...ketidakseimbangan ini sudah aku rasakan sejak bulan july 2008 dok soalnya sebelumnya normal banget dok (tiap bulan mensnya lancar)
cuma waktu kuliah dulu sempet mens ga berenti-berenti 1 bulan lamanya tapi hal ini cuma sekali aja terjadi, nah agustus 2008 saya menikah dok cuma ya itu masalahnya setelah menikah kok menstruasi saya malah ngaco ya? sempet saya kira mungkin hamil tapi pas pake test pack kok hasilnya negatif (-) sudah ke dokter juga dan waktu itu sih dikasih obat aja sama dokternya yaitu dupashton dan estrogen sama lanturol e 400 memang setelah itu mens dok, tapi bulan ini kok ga mens lagi ya? apa tergantung obat? fyi, tinggi saya 150cm dgn berat 60kg, apa berat badan juga mempengaruhi hormon ya dok? soalnya pas dulu aku mens ga berenti selama 1bln itu juga beratku 60kg, padahal sebelumnya biasanya antara 45 or 50kg...sudah ke dokter kandungan, usg biasa dan transvaginal  hasilnya katanya bagus, cuma dokter sarankan untuk HSG, apa perlu ya dok aku HSG? terus berehenti mens seperti aku ini apa bisa dibilang PCO? obatnya apa ya dok untuk PCO? soalnya katanya kalo PCO itu biasanya salah satu cirinya adanya bulu seperti laki2, nah dari lahir sudah ada bulu di tangan dan kaki piye? apa PCO sudah sejak lahir ya? ada temen ngasih saran minum FEMONA (www.femona.com), aku sdh baca ya dok katanya bisa menyeimbangkan hormon, apa betul begitu? bisa ga dok aku konsumsi obat ini?
dok mohon pencerahannya ya untuk semua pertannyaanku diatas....
salam,
Tenny
----------------------------------------------
1. Haid wanita usia reproduksi emang gampang terpengaruh oleh faktor eksternal, stress (fisik dan psikis), emosi jia (wew kayak judul lagu :D) dll. Bukan tergantung obat, tetapi tubuh belim mene,ukan pola yang tepat, baiknya dilakukan pengaturan haid selama 3 siklus...
2. Berat badan terutama lemak bisa bisa mempengaruhi siklus haid dan kesuburan, karena simpanan lemak merupakan sumber estrogen (lemah).
3. PCO kan harus ada gambaran kista kecil2 pada USG indung telurnya, lalu diikuti gejala2 seperti haid tidak lancar, pertumbuhan bulu yang berlebihan, Juga gula darah serta kolesterol tinggi dll. Gak ada PCO dari lahir.
4. Femona itu termasuk fitofarmaka, bukan kategori drug, jadi khasiatnya I don't know ???. Tapi gak ada salahnya dicoba...:D NatingTulus.....