| ]

Dear dok,

Salam kenal nama saya rini.Dok saya ingin konsultasi sehubungan dengan keinginan saya untuk hamil dan ingin bertanya kepada yg kompeten.Kebetulan saya menemukan blogger dokter sehingga saya bisa konsul secara online.

Saya menikah sudah hampir 4thun tetapi belum dikaruniai keturunan.setelah tahun pertama pernikahan saya mengunjungi obgin u/memeriksakan diri.obgin mengatakan ada penyumbatan pd tuba saya kemudian ditiup 3kali(pd masing2 kunjungan),uji pasca senggama hasil sperma suami baik.diminta melakukan fisioterapi dengan dipanaskan di daerah perut luar dgn infra merah 20x.dilakukan pemeriksaan lendir&lapisan rahim (saya dibius) hasil juga baik.

suami diuji sperma hasil:normo zoosperma.

Pernah di HSG 1x :both tube normal.

Hormon profil: FSH 13.83mIU/ml;Estradiol 99,58pg/mL;LH 7,51mIU/ml;Prolactin 10,63 ng/ml. IgM Rubella/Toxoplasma/CMV negatif. IgG Rubella 48,5IU/ml;IgG CMV >250AU/ml

Kemudian saya distimulasi ovarium dgn clomiphen sitrat 150mg/hari selama 5 hari dan dexametason 1tab/hari selama 15 hari.Setelah 3 siklus terapi belum hamil.kemudian saya disuntik dengan hormon tapi saya lupa mencatat namanya.terapi dilakukan terakhir Juni 2008 kemudian saya berhenti karena suami pindah tugas k LN.sampai sekarang saya belum melanjutkan terapi lagi.

Siklus haid teratur 28hari dan berlangsung 6-7hari.
pertanyaan saya :
1.dari riwayat saya tersebut,apakah kondisi saya subur?
2.apakah ada faktor medis lain yg menyebabkan saya susah hamil?
3.Makanan/suplemen vitamin apa yg secara signifikan bisa meningkatkan kesuburan?
4.apa yang harus saya lakukan selanjutnya?
saya sudah pindah konsul dari dokter satu ke dokter lain,usia saya juga bertambah (saya 28,suami34) kami ingin sekali u/mempunyai keturunan.ya selain usaha juga ada doa.
terima kasih atas bantuannya&saya sangat menghargainya.
salam,
rini
-------------------------
yth Ibu rini

Mohon maaf jawaban gak bisa di Fw ke email karena alamat email pengirim tidak tertera dalam postingan/pertanyaan yang dikirim, beda dengan mengirim email kealamat email :D
Mengenai masalah ibu:
1. Ibu dan suami sepertinya dalam kondisi yang baik.
2. Ada yang namanya infertlity yang tdk terjelaskan...bisa saja ibu termasuk kategori ini.
3. Nggak ada yang signifikan bu
4. Kenapa nggak segera beralih ke IUI saja ? baca ini
Salam