| ]

31/1/09
Dear Dokter,
Nama Saya Minah, umur 25 thn,
Sudah hampir seminggu saya mengalami nyeri di perut bagian bawah, terlebih pada saat ingin buang air kecil. Saya biasanya juga sering mengalami sakit / nyeri perut yang hebat pada saat menstruasi pertama, namun untuk siklus haid bisa dibilang normal, masa haid sekitar 4-5 hari dengan 2 hari pertama jumlah agak banyak, namun seterusnya sedikit.
sekitar 3 bln yg lalu saya juga mengalami nyeri perut bawah kanan disertai nyeri dan pegal pada punggung,pinggang, dan kaki kanan. Tepatnya setelah masa haid habis.
Kejadian yang sama terulang bulan ini sehabis masa haid, dan kali ini nyeri perut sudah sangat mengganggu. Saya menduga apakah mungkin infeksi usus buntu. Namun juga mendengar cerita teman saya gejala kista yang hampir sama
Maka say pun coba usg, dan hasilnya dokter bilang saya ada kista coklat di ovarium berukuran 7cm,
saat ini saya dalam hubungan serius dan kami ada rencana untuk menikah akhir tahun, dokter juga menyarankan agar segera melakukan operasi dan menikah lebih awal untuk menghindari masalah infertilitas. Namun saya masih takut. Apakah ada saran yg lebih baik dari Dokter? Juga nyeri tersebut semakin terasa mengganggu dari hari ke hari.
Thanks and Rgds
Minah
---------------------------------
Yth Bu Minah
Kista coklat pada yang belum menikah biasanya dianjurkan segera menikah dan punya anak. Jika akan dilakukan pembedahanpun dilakukan sebisanya tanpa menggangu indung telur (bedahkonservatif)
Salam