| ]

Yth. Dokter Didi
Usia saya 30 tahun dok, sudah 2 tahun menikah dan belum punya anak.
yang ingin saya tanyakan:
beberapa bulan terakhir, saya sering keputihan, biasanya setelah haids sekitar 3-4 hari, lalu atas saran teman yang kebetulan pernah mengalami, saya minum metronidazole (kalo tdk salah dok),sampai 2-3 tablet dalam 3 hari itu. saya pernah periksa 2 kali ke dokter yang berbeda, saya di-usg dan dokter mengatakan kalo kandungan saya baik2 saja, saya hanya kelelahan sehingga keputihan dan siklus haids tidak normal (terakhir saya ke dokter 6 bulan yang lalu). selain itu, pada masa subur keluar darah merah muda, seperti flek, namun bukan setelah berhubungan. wajar/tidak hal seperti itu dok, dan apakah keputihan mengakibatkan sperma mati?
apa yang harus saya lakukan dok? (pemeriksaan apa sebaiknya?)
mohon bantuannya. makasih ya dok.
-------------------------------------
Tyh Ibu...
1. Keptihan yang hanya sedikit tidak berbau dan atau tidak gatal biasanya keputihan yang nggak bermasalah. Secara klinis sebab keputihan sudah bisa di diagnosa dan diberi terapi. Namun jika ternyata terapi yang diberikan tidak memberikan hasil yang memuaskan, maka sebaiknya keputihannya di kultur/dibiakkan di Laboratorium, biar pasti penyebabnya, serta didapatkan terapi yang tepat.
2. Bercak yang timbul adalah spotting yang masih dalam batas tidak mengganggu.(baca posting blog tentang spotting)
3. Betul sekali ...spermanya jadi KO... Lakukan pemeriksaan klutur dan sensitiviti di lab, yaitu dengan membiakkan cairan keptihan untuk melihat kuman penyebab...