| ]

Dok saya hamil ke-4 kali, pada kehamilan ke-3 mengalami kuretase karena janin tak berkembang, dan pada kehamilan sekarang ukuran janin tidak sesuai dengan usia janin apabila dihitung dari Haid terakhir, yaitu 4 minggu lebih muda. Haid terakhir tgl 6 November 2008, hasil USG tgl 14 januari 2009 ukuran janin setara usia 6 minggu. tetapi dokter tidak berkesimpulan janin tidak berkembang, dokter berharap usia janin memang 6 minggu, sebab siklus haid saya sebelumnya memang tidak teratur (haid sebelumnya tgl 15 september 2008). Dokter saya tidak memberikan obat penguat kandungan dengan alasan apabila janinnya tidak baik maka janin keluar sendirinya. yang ingin saya tanyakan apa penyebab janin tidak berkembang? dan apa yg harus dilakukan agar tidak terjadi lg, soalnya apabila sekarang janin keluar maka saya mengalami 2x keguguran karena janin tidak berkembang.



Base on theory, kematian janin di trimester I terbanyak disebabkan oleh kelainan kromosom yaitu yaitu trisomi, urutan pertama trisomi 16 urutan berikutnya trisomi 22. untuk mengtahuinya bisa dilakukan pemeriksaan kromosom dari hasil konsepsi yang mati tadi...kalau karena kelainan kromosom biasanya bersifat random dan tidak berulang, kecuali ada kelainan yang bersifat genetik...