| ]

Dokter,
Saya,28 tahun hamil 8 minggu..Selama 3 hari ini saya terkena flu.badan saya panas, hidung saya buntu. Saya bertahan untuk tidak minum obat yang diberikan dr kandungan.Saya hanya istirahat dan banyak minum. Sekarang saya sudah membaik. Betulkah tindakan saya?Berbahayakah flu saya buat janin saya dok.Apa bahayanya dan apa akibatnya jika saya membiarkannya tanpa minum obat.
1 hari yang lalu asma saya kambuh. Saya semprot dengan berotec 2 semprotan. Amankah dok. Obat asma apa yang aman untuk saya.
Terima kasih sekali atas jawabannya dok


Yth ibu...
Tindakan yang sangat baik. Karena virus flu akan hilang dengan sendirinya asalkan daya tahan tubuh kuat. Lain halnya jika sudah terkena infeksi sekunder akibat flu baru dibutuhkan terapi khusus (antibiotika). Virus flu nggak berbahaya bagi kehamilan.

Untuk Asma obat2 yang ada saat ini umumnya kategori B. Seperti yang aku sampaikan disetiap jawaban, obat untuk orang hamil nggak ada yang katgori A, karena nggak ada orang hamil yang mau jadi orang percobaan. :D . Efek obat asma membuat rahim menjadi "tenang" alias nggak mudah kontraksi. Yang dalam bentuk inhaller jauh lebih aman karena sifatnya pengobatan lokal (hanya daerah saluran nafas saja yang terkena efek obat)