| ]

Hi, Dok
Sekarang ini saya sudah telat menstruasi selama 12 hari. Beberapa hari sebelum tanggal "seharusnya" menstruasi saya bulan ini saya mengalami mual-mual. Dan setelah ditunggu-tunggu ternyata setelah 3 hari tidak menstruasi saya berinisiatif membeli tespack dan hasilnya positif. Malamnya saya ke dokter kandungan, dan saya beritahukan bahwa saya sudah pakai tespack dan hasilnya positif.
Dokter mengatakan meski hasil tespack positif namun kebenarannya hanya 30%, karena hasil positif di tespack itu bisa saja: 1. hamil "benar-benar hamil", 2. hamil tidak ada isinya "kosong", 3. hamil anggur
Namun berhubung saya baru telat 3 hari, dokter belum bisa mengatakan "Ya, anda hamil", sebelum melihat hasil USG, dan dokter bilang kalau di USG perut biasanya belum kelihatan apa-apa, namun kalau USG Vaginal pasti ketahuan saya ini hamil "benar-benar hamil" atau tidak, namun untuk USG Vaginal saya tolak waktu itu.
Akhirnya dokter mengatakan gak apa-apa kalau mau USG perut namun dia tidak menjamin akan kelihatan, akhirnya saya pun USG perut. Dan memang tidak terlihat apa-apa saat itu.
(perlu diketahui saat itu saya sama sekali tidak tau harus mempersiapkan apa sebelum USG, sehingga sebelum USG saya malah pipis dulu, sekarang saya sudah tau kalau mau USG harus menahan pipis)
Dokter menyarankan agar saya kembali lagi 4 minggu lagi untuk USG, dan dengan memberikan resep Preabor dan Vitamam untuk 4 minggu.
Sekarang ini saya sedang stress memikirkan apakah kehamilan saya ini normal atau tidak, karena dari hasil USG kemarin itu belum terlihat apa-apa, dan saya harus menunggu 3 minggu lagi untuk USG untuk memastikan kehamilan saya.
Saya juga jarang sekali mual, dan dari data yang saya temukan, kebanyakan orang yang tidak mual saat hamil biasanya janin tidak berkembang, sehingga menambah pikiran saya.
Pertanyaan saya:
1. Apakah saya harus mencari second opinion ke dokter lain untuk USG kembali? mengingat usia kehamilan saya sekarang 6 minggu, kapan saya harus ke dokter tersebut?
2. Apakah wajar seseorang hamil namun tidak mual-mual? apakah kehamilannya akan baik-baik saja?
3. apa yang harus saya lakukan agar tidak stress lagi memikirkan hal ini?
Tolong bantuannya ya dok, thanks
Anonym
-----------------------------------------------
Ngaak usah bingung2...:D
1. Tidak perlu second opini hanya untuk mendiagnosa kehamilan...:)), usia 6 minggu kalo lemak perut tipis biasanya sudah kelihatan.  Kalau belum kelihatan, 2 minggu lagi ulangi USG. Untuk USG kehamilan biasanya tidak dibutuhkan untuk menahan pipis, lain halnya USG untuk memeriksa kelainan ginekologi.
2. Wajar kok, emang umumnya muntah2...tapi banyak juga yang nggak mengalami muntah2...
3. Dokternya cuma bercanda kok jangan dianggap serius, yakinkan diri ibu bahwa kehamilannya sehat :D (buktinya dokter memberikan obat penguat dan vitamin). Kalau memang nggak bagus kenapa diberi penguat ? :)