| ]

Dear dr Didi

Saya mau tanya, seharusnya bayi masuk jaln lahir pada usia minggu ke berapa ya dok, sekarang saya sedang hamil 35 minggu, menurut orang tua katanya harusnya kepala bayi sudah di bawah dari usia 7 bln, saya usg pada usia 32 kepala bayi menurut dokter sudah di bawah tapi belum masik jalan lahir, 2 minggu kemudian kepala bayi diatas lagi.
Saya ingin sekali melahirkan secara normal, mohon penjelasannya

terima kasih

Vina

Dear Vina
Kapan waktunya kepala masuk ? Rata2 diusia usia 33-34 minggu kepala sudah mulai kebawah bisa enganged bisa juga nggak. Dari buku teks kepala sebetulnya engaged berbeda pada hamil 1 (primigravida) atau 2 seterusnya (multigravida). Pada primigravida engagement terjadi pada saat usia kehamilan ≥ 38 minggu. Sedangkan pada multigravida kepala pada umumnya baru engaged pada saat persalinan.

Kalau ada imbang antara kepala bayi dan jalan lahir biasanya kepala akan masuk (enganged)., sedangkan jika tidak imbang (CPD) kepala akan ngambang (floating) diatas pintun atas panggul. Jika tinggi badan cukup dan bayi tidak besar biasanya imbang feto-pelvik ada. (sayang nggak ada data tinggi badan) :D