| ]

Pagi dok...
Dok, beberapa waktu lalu setelah menstruasi saya selesai beberapa hari kemudian saya keluar bercak2 merah. Kemudian dokter memberi norelut. setelah obat tersebut habis 3 hari kemudian lalu saya mens lagi atau keluar darah spt mens tapi lebih sedikit selama beberapa hari. Apakah itu efek dari norelut? Karena dulu ada saudara saya yang minum obat dari dokter entah apa tapi katanya tapi jenis GnRH, setelah obat tsb habis 2 hari kemudian dia menstruasi atau keluar darah spt mens beberapa hari. apakah mungkin sama dng norelut?
Tolong dijawab ya dok secepatnya..karena saya cemas, apakah hal yg saya alami setelah minum norelut adalah wajar..?
Trimakasih banyak ya dok..
Lina
_____________________________________________________

Pagi Juga Lina
Yang Lina alami adalah perdarahan/bercak paska haid...kalau menurut aku krang tepat terapinya jika diberikan norelut.
Lamanya bisa mencapai 7 hari. Penyebabnya adalah terlambat lepasnya endometrium (lapisan dalam rahim yamg menebal lalu lepas menjadi darah haid).
Pengobatannya: secara sederhana dalah makan pil KB seperti mikroginon dari hari ke 16-25 haid atau cara lainnya : hari ke 6-16 siklus haid diberikan hormon estrogen (misalnya lynoral), dan hari 16-25 diberikan kombinasi estrogen & progesteron. Contoh progesteronnya duphaston.
Salam