| ]

Dear Dr. Didi,
Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 7 bulan, dan saat ini yang saya keluhkan yaitu tulang persendian tangan dan pinggang sakit sekali..rasanya nyeri dan ngilu. bahkan pada pegelangan telapak tangan, ibujari saya sakit bila digerakkan. kalau di pinggang belakang rasanya seperti masuk angin..
Apakah ini akibat dari kurangnya kalsium? karena sudah beberapa hari ini kalsium yang diberikan oleh dokter kandungan saya sudah habis dan jadwal kontrol masih sabtu besok, sementara ini saya bantu konsumsi cdr dan vitamin prenatin, apakah ada kegunaannya jika saya bantu minum cdr dan vit prenatin?
apakah efeknya bila kehamilan yang kurang kalsium..? dan pergelangan tangan saya yang sakit ini kenapa ya dok? Mohon bantuan dokter untuk menjelaskan hal ini..
Terimakasih sebelumnya ya dok..
Salam,
Prisca

Dear Prisca
Calcium berperan dalam proses penulangan, pembekuan darah, kontraksi otot dll. Jadi jika kurang calsium jelas saja bisa membuat tulang keropos, gangguan bekuan darah, kelemahan otot. Tapi sebetulnya jika kebutuhan sehari2 sdh mencukupi tidak dibutuhkan lagi tambahan calsium. Makan yang banyak mengandung calcium misalnya bayam, kol, sardine dll.
Nyeri pinggang pada wanita hamil adalah akibat pengaruh bobot, besarnya rahim sehingga terjadi perubahan postur dan sikap yang meMbuat otot2 bagian belakang menjadi teregang (strain). Untuk mengatasinya sukup dikompress hangat atau dingin.(BACA POSTING BLOG)
Nyeri2 pada bagian tubuh yang lain juga bisa akibat pengaruh hormon kehamilan, sehingga produk2 metabolit tertumpuk di jaringan.
CDR kan sudah ada kalsiumnya sekitar 250 mg. Sedangkan preparat kalsium yang diberikan dokter ada yang 200 ada yang 400, untuk hamil biasa diberi yang 200.Prenantin DF juga vitamin yang bagus (D=DHA dan F=Folat) plus berbagai mulltivitamin dan mineral yng diperlukan.