| ]

Dear dr Didi

Saya berumur 25 thn dan 4 bln yg lalu menikah. yg ingin saya tanyakan :
Setiap kali ejakulasi sperma saya selalu keluar dari vagina istri saya. Kenapa ya dok?
apa yang menjadi penyebabnya? apakah karena tekstur sperma saya kental dan agak menggumpal? jika ini suatu penyakit,bagaimana cara menyembuhkan?
mohon penjelasan nya dok,karena kami sudah menginginkan keturunan

terimakasih.
------------------------------
Yth Bapak....
Sperma yang dipancarkan ke dalam vagina memang nggak seluruhnya masuk...yg masuk cuma sebagian cairan semen dan sperma (ini yg bnyk masuk). Jadi sisa cairan yang lain akan keluar. Untuk pastinya kalau mau bisa saja dilakukan pemeriksaan analisa sperma...ntar ketahuan ada permasalahan nggak dari jumlah sel sperma dan kualitasnya (gerak,hidup dll).
Salam