| ]

Aslm dok,
Saya sdg hamil 5 bulan lebih,beberapa minggu lalu saya sempat mengalami flek setelah berhubungan.pdhl sebelum2nya tidak pernah flek.ktk cek ke dokter kandungan,dia khwatir ada polipservik,shg diberikan 2 obat anti keputihan yg buat mual,pusing,uluhati sakit plus tidak boleh coitus dulu selama 1 bulan. flek hnya 2 hari dan sedikit.setalah minum obat keputihanpun hilang...

Tapi setiap ktk kelelahan kerja timbul keputihan dg warna putih spt biasa tapi tidak gatal/terkadang kental spt upil putih kecoklatan/hijau dipegang lembut tp g bau,g gatal.kira2 kenapa itu dok. jika saya minum obat herbal spt kunyit atau kunyit putih berbahaya untuk janin saya ngak ya? jazakallah khairan katsir dokter
___________________________________________

Yth ibu
Maaf baru di jawab sdh lama sekali sembah...

Polip serviks di tegakkan tentunya setelah melakukan pemeriksaan spekulum...jika tidak maka itu hanya berupa dugaan saja. Hubungan seks dikehamilan muda juga busa menimbulkan kontraksi dan berdarah.

Obat yang ibu makan aku rasa sejenis metronidazole yang memang sering dipakai untuk mengobati keputihan terutama pada kehamilan yang disebut BV.

Bahan2 tradisional yang ibu sebutkan diatas tidak berbahaya terhadap kehamilan dan janin. Jadi aman saja untuk dikonsumsi.