| ]

Saya mau bertanya dengan siklus haid saya, biasanya saya menstruasi dengan siklus 29 hari tapi sudah 3 bulan terakhir ini, siklus haid saya maju terus, bulan kemarin siklus mens saya 27 hari tetapi bulan ini maju lagi menjadi 25 hari

Saya mau tanya, penyebab majunya siklus haid, apakah karena pengaruh hormon dalam tubuh saya, terus bagaiman mengembalikan siklus haid saya menjadi 29 hari lagi, karena dengan pendeknya siklus mens saya maka masa subur saya juga relatif pendek, padahal suami saya bekerja di luar kota dan saat ini kami belum punya momongan dan dalam rangka program untuk memiliki anak.

terus ada pertanyaan saya lagi, kami sudah hampir 3 tahun menikah tapi belum dikaruniai anak, hasil tes HSG saya ternyata ada blok di tuba falopi sebelah kanan dan parahnya lagi sperma suami saya jelek baik dari kualitas karena sperma normal dibawah 5%
apa yang harus kami lakukan untuk mengatasi problem di atas agar keinginan punya momongan cepat terealisasi.

terima kasih dok atas perhatiannya dan saya menunggu jawaban dari dokter
______________________________________________________

Yth Ibu X

Lamanya masa subur tidak tergantung dari panjangnya haid. Masa subur tetap saka sesuai dengan usia sel telur yaitu 24 jam dan lamanya sel sperma bisa hidup yaitu 48 jam. Jadi baik pendek maupun panjang maka tetap saja masa subur standar sekitar 48 jam (sebelum sel telur keluar).

Sedangkan haidnya tidak ada masalah krn masih dalam batas normal yaitu range nya antara 21-35 hari.

Untuk kasus ibu sebaiknya dilakukan IUI (KLIK UNTUK BACA) saja. Mengingat kualitas sperma serta adanya tuba yang non paten.

Salam