| ]

dokter,,,saya nia umur 21 tahun.. saya haid pertama kali umur 12 tahu,,kelas 1 smp. namun sampai saat ini haid saya belum teratur...

saya sering sekali mengalami sakit terutama pada saat haid..
perut bagian bawah saya sakit.. saya sudah mencoba untuk minum kunyit asem yang katanya mengurangi sakit.. aman tidak,,karena terkadang lumayan menyembuhkan. dan saya terkadang meminum obat penahan rasa sakit hingga 2 kali sehari kalau sedang haid..tapi terkadang tidak cukup membantu..
pernah juga saya mengalami pusing hingga pingsan.. keringet dingin dan tubuh sangat lemas..
saya bukan orang dengan tipikal gampang mengeluh. tapi sakit pada saat haid sangat mengganggu..

dan terkadang saya mengalami keputihan yang berbau, dan kental serta jumlah yang banyak...

terlebih lagi saya sudah pernah berhubungan intim semenjak 3 tahun lalu,,tapi akhir-akhir ini kalau berhubungan,saya sering mengalami sakit pada perut dan terkadang keluar darah cukup banyak.. tapi setelah dibersihkan darah tidak muncul lagi...

teman saya mempunyai masalah yang sama,,tapi begitu diperiksakan dia menderita tumor di rahim,,apakah bisa begitu parah?

saya sangat ingin periksa tapi saya agak risih dengan prosedur pemeriksaan dan apakah dokter tidak akan membocoran rahasia kalau saya sudah tidak perawan kepada orang tua?

mohon informasinya,, sangat membantu.. thanks..
___________________________________________________

Yth Nia
Nyeri haid bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain kejang rahim, infeksi, endometriosis/kista coklat dll , tetapi kalau melihat kasus kamu aku duga penyebab kemungkinan adanya infeksi (sesuai dengan data adanya keputihan yang banyak dan berbau)

Infeksi juga bisa menimbulkan darah (seperti gangguan haid).

Kalau datang periksa dengan orang tua, tentunya orang tua berhak mendapatkan informasi teantang kondisi anaknya. Kecuali jika kamu datang berobat sendiri, maka dokter diikat sumpah untuk tidak memberitahu siapapun kecuali untuk kepentingan hukum.

Salam