| ]

Dear Dokter Didi,
Terima kasih untuk banyak info yang dimuat di blog Dokter, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Nama saya Amanda, umur 23 Tahun. Saya ingin menanyakan apakah benar jika kehamilan pertama gugur bisa menjadikan keguguran terus berulang berturut-turut sampai ketiga kali?

Karna saya sudah 2 kali keguguran, yang pertama karna blighted ovum dan dikuretasi dan yang kedua keluar dengan sendirinya dan entah apa penyebabnya.
Dok, benarkah keguguran berulang disebabkan karena kandungan yang lemah atau seleksi alam atas sel telur yang tidak bagus? Terima kasih Dok atas jawabannya, semoga karir Dokter sukses selalu. Amin
________________________________________________________

Dear Amanda
Tergantung penyebabnya, jika penyebabnya seperti TORCH, ACA, dll maka besar kemungkinan kegugurannya akan berulang. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan darah guna mencari penyebab kegugurannya serta diobati agar tidak berulang di kehamilan selanjutnya.

Sedangkan blighted ovum (BO)memang terjadi akibat bibit yang tidak bagus sehingga mirip suatu seleksi alam, yang tidak bagus/tidak kuat maka tidak akan bertahan. Tetapi BO jarang berulang berurutan.

Terima kasih atas doanya...AMIN