| ]

Saat ini saya sedang merencanakan kehamilan. Sekitar bln nov 08 saya imunisasi MMR dan TT. Pertanyaan saya adalah:
1. Perlukah saya di imunisasi cacar mengingat sampai saat ini saya tidak pernah kena cacar?
2. perlukah dilakukan test TORCH, dan sebaiknya dilakukan bbrp bln sblm kehamilan atau pada kehamilan brp minggu? (waktu saya kecil tidurnya ditemeni kucing)
3. Ada tips tidak untuk memperbesar kemungkinan memperoleh anak cowok?
4. Saya punya herpes di daerah mulut. perlukah memberitahukan ke dokter kandungan saya jika saya hamil nanti? saya membaca blog dokter, hubungan antara herpes genital dgn kelahiran. apa dampak mempunyai herpes non genital terhadap kehamilan&kelahiran sama dgn dampak memiliki herpes genital thdp kehamilan&kelahiran?
5. ada hal lain apa yg perlu saya lakukan seblm hamil?
Hana
______________________________________________________

1. Untuk vaksin varicella bisa saja dilakukan kalau mau...cuma setelah vaksin dilarang hamil semntara (minimal sebulan setelahnya)
2. Dilakukan lebih baik, krn jika ada infeksi aktif bisa diobati dulu sampai sembuh serta menunda kehamilan
3. Untuk anak cowok/cewek baca tips ini (KLIK INI)
4. Herpes menular ke bayi via kontak langsung dalam hal ini tentu saja disebabkan herpes genital...silakan beritahu saja...
5. Persiapan kejmailan lainnya KLIK INI

Salam