| ]

Dear dr Didi
Saya berusia 28 tahun, baru menikah dan berencana punya anak tahun depan. Secara tidak sengaja saya USG dok...dan diketemukan adanya miom di bagian kiri dekat kandung kemih (diluar rahim) dengan ukuran 5x6cm. Selama ini saya tidak ada keluhan apa2 dok....saat mens pun sakitnya normal-normal saja dan cukup teratur...
Dokter kandungan saya, menyarankan dioperasi tapi boleh nanti saja sekalian kalo hamil, jadi operasi cesar dan angkat miomnya, karena miom ini tidak ada didalam rahim dan tidak menghalangi jalur masuknya sperma.
Akan tetapi beberapa hari terakhir ini saya merasa nyeri dibagian bawah perut sebelah kiri, seperti berdenyut2 dan nyerinya sampai ke kaki saya, sampai2 saya tidak bisa beraktivitas.
Pertanyaan saya :
1. Apakah ini nyeri karena miom tersebut ??
2. Apakah kalo saya hamil dan ada miom ini bisa ada masalah dengan kehamilan saya ??
3. Tindakan apa yang sebaiknya saya lakukan ??
Terima Kasih sebelumnya dokter.....mohon sarannya...
f3rd1n
______________________________________________________

Yth ibu Ferdin
Miomanya tidak banyak keluhan karena mungkin jenisnya mioma subserosa.
1. Bisa saja, karena gejala mioma : nyeri tekan panggul, pipis yang sering, susah baunag air kecil, susah buang air besar, nyeri punggung atau nyeri kaki. Jika mioma nya didalam atau di bagian dalam otot rahim maka bs menimbulkan gejala perdarahan (haid banyak)
2. Miom selama kehamilan bisa ada keluhan, diantaranya nyeri, coba baca ini (KLIK)
3. Mencoba untuk hamil dulu...jika tidak juga hamil2 lebih dari setahun maka miomnya diangkat...
Salam...