| ]

Dear Dr. Didi
Sebelumnya saya mau ucapkan terima kasih nih Dok, saya sangat senang sekali dengan blog_nya. Sangat membantu saya mndapatkan informasi tentang kehamilan dan reproduksi.

Gini Dok, saya pernah hamil dan keguguran 2x, yang pertama awal Nov 2008, penyebabnya tidak tahu, tiba2 janinnya tidak berkembang di usia 11 minggu dan harus dikuret. 3 bulan kemudian saya hamil lagi, pada saat cek USG diusia 8 minggu, kata dokter terlihat air ketubannya sedikit sekali,dilihat dari ukuran lingkaran ketubannya yang sama dengan CRL janin, harusnya air ketubannya 2x pjng CRL nya, tetapi ukuran janinnya normal, dokter berharap janinya mampu bertahan dgn kondisi ketubannya yang sedikit itu.

Ketika saya tanya penyebabnya kenapa dokter saya tidak tahu sebabnya kenapa, katanya sudah dari sananya,ga bisa diapa2in aduh,,,,,malah tambah bingung saya, kenapa dokter saya ga bisa membantu agar ketubannya normal atau ada tindakan dikasih obat gitu dan tidak tau penyebabnya sama sekali. Hingga akhirnya janin saya tidak kuat bertahan dan keguguran lagi awal mei 2009 di usia sekitar 11 minggu. kemudian saya cari info di internet katanya itu tanda2 terkena ACA, akhirnya saya cek ACA sendiri dok. Hasilnya ACA IgM = 43 MPL sedangkan normalnya 25 MPL.

Dokter Didi bantu saya dok, dengan hasil di atas,,,,,berarti saya benar terpapar ACA ya Dok?termasuk dalam stadium apa Dok, rendah,sedang atau tinggi? Kemudian, langkah2 apa yang harus saya lakukan jika ingin hamil kembali? Dan jika nanti saya hamil lagi, tindakan dan obat apa yang perlu saya minum agar tidak terjadi pembekuan dan tidak keguguran lagi Dok?

Mohon bantuan dan penjelasannya ya Dok,,,

Jujur saja dokter Didi sejak kuret kmarin,,,saya sudah tidak cek dan konsultasi ke dokter saya lagi,,habis saya malah tambah bingung dan bertanya2 karena saya kurang diberikan informasi ,,,,untung ada dokter Didi,,,jadi saya senang sekali,,,tapi praktiknya jauh ya Dok heheheh,,,,,ga pindah ke JKT aja dok,,,heheheh,,,,

Terima kasih banyak Dokter Didi.,,mohon maaf jika terlalu panjang dan ribet,,karena saya sangat khawatir dan Panik dengan kejadian ini.

Salam
Maria Ulfa
Jakarta Timur
______________________________________________________

Kadar ACA yang mengganggu kehamilan adalah antara 25-70...tidak ada penggolongan ringan, sedang atau berat...

Untuk pengobatannya biasanya diberikan aspirin atau heparin. Yang gak terlalu berisiko adalah dengan mempergunakan aspirin. Nanti jika hamil lagi konsumsi aspirin (merk daganganya spt ascardia dll) sekali sehari trus konsumsi antioksidan dan calcium.

Baca juga kasus sebelum ini, yang juga mirip, tetapi kasusnya yang diperiksa adalah beta2 glikoprotein...