| ]

dok,, saya ibu hamil yang sedang menjalani kehamilan ke 38 dan habis pulang dari rumah sakit dan saya di cek darah ternyata HBnya rendah 7.0 dan di infus sama dokter obat nacl 0.9% 500 ml, vasofit 20 broun, veca c, disp spuit 5 cc trrumo,, dan dan obat makan seperti vita mam 3, nulacta, ossofit, maltofer, folid acid 5 mg

trus cek darah Hb 7.0, leukosit 9.4, trombosit 359
hitung jenis basofil 0, eosonil 0, batang 3 segment 77, limfosit 20, monosit 0,,
waktu pendarahan 1.55 dan pembekuan 7.15/ menit
hematologi mcv 59, mch 18, mchc 30
SI 14.06, TIBC 450, ferritin 2.19
dan cek hematologi umum,, juga Hb elektroforesa ( hasilnya belom keluar, 1 minggu lagi baru bisa keluar )

sedangkan cek darah suami hematologi lengkap normal semua,,,,

yang mau saya tanyain,, apakah anak yang saya kandung akan menderita penyakit talashemia,,, karna saya baca di internet serem juga dok,, jadi bawaan nya stress karena belom begitu ngerti tentang talashemia,, udah baca berkali2 tetap gak ngeh penyakit ini dari mana bawaannya

dan seminggu lagi saya akan menjalani sesar yaitu tgl 13 maret 2009
resiko apa yang akan saya akan alami bila sesar dan bayi saya,, ini anak ke dua saya,,, anak pertama juga sesar dan normal skarang udah hampir 3 tahun

maaf banyak pertanyaan dok,,,
thank you dok,,,,
___________________________________________________________________

"wah...lengkap sekali ....ibu yang sedang bingung....
thalasemia adalah penyakit turunan yang disebabkan karena umur sel darah merah pendek....karena itu tiap bulan ibu tersebut akan pucat dan kurang darah atau HB nya rendah. Seorang anak yang thalassemia biasanya salah seorang atau kedua orang tuanya menderita thalasemia.atau kedua orng tua tidak menderita thalasemia tapi pembawa sifat. kalo salah satu orang ortunya normal maka,tidak mungkin anaknya thalasemia atau anaknya normal, kalo kita lihat dari kasus ibu yang jelas ibu menderita anemia, pada ibu hamil biasanya sering anemia....mungkin ibu bisa tanya dr.didi.....dari data diatas saya lebih curiga ibu menderita anemia deff besi...kita berpikir anak kita thalasemia bila pada pemerikasaan darah tepi ditemukan sel eritrosit tidak sama besar, sel target..dll.dan pemeriksaan retikulosit meningkat....apabila ada dua tanda tersebut...artinya anak kita menderia anemia hemolitik...anemia hemolitik penyebabnya banyak al malaria, obat, thalasemia, G6PD. kita melakukan hb elektroforesa..bila kita mendapatkan anemia hemolitik....mudah-mudah ibu tidak tambah bingung........dan bisa mengerti...wassalam."