| ]

Selamat pagi dr. didi,
nama saya nita, saya menikah tanggal 9 maret 2009 dan sedang merencanakan kehamilan.
haid terakhir saya tanggal 12 mei 2009. dan tanggal 13 mei saya melakukan vaksin hepatitis B. lalu jadwal vaksin hepatitis B yang ke 2 adalah tanggal 13 juni 09 namun karena hari minggu dokter saya menjadwalkan suntik vaksin hepatitis B tanggal 15 juni.

sampai tanggal 15 juni saya belum mendapatkan haid dan saya sudah coba test pack tapi hasilnya negatif.. tapi saya juga merasakan tanda2 kehamilan spt, mual2, perut dibagian bawah pusar agak membesar, dll. dan saya tdk merasakan tanda2 ingin haid spt yang biasa saya rasakan. spt payudara sakit, tumbuh jerawat, dll.

saya jadi khawatir dok kalo saya mlm ini tgl 15 juni tetap melakukan vaksin hepatitis B itu takut kalo benar saya hamil dan nanti terjadi apa2 jika saya tetap melakukan vaksin tersebut.

saya ingin bertanya :
Amankah jika benar2 saya hamil namun tetap melakukan vaksinasi tsb.?
jawaban dokter sangat saya tunggu.
terima kasih,
Nita
_____________________________________________________

Pagi juga Nita

Pertama tentang testnya...kalau mau lebih pasti lagi coba lakukan dengan 3 merk yang berbeda, jika hasilnya tetap negatif besar kemungkinan memang blm hamil. Gejala2 mau haid juga bisa timbul jerawat dll

Tentang vaksinnya...hamil dan menyusui bukan kontra indikasi buat melakukan vaksin...tetapi FDA memberi kategori C (buat vaksin yang rekombinan)> Kategori ini kurang banyak data pendukung keamanannya, dokter akan mempertimbangkan untung ruginya..kalau memang dibutuhkan sekali baru akan diberikan...untuk itu pastikan dulu hamil gaknya