| ]

dear dokter .... nama saya puput, usia saya 27 th&blm menikah.. semenjak SMA saya mengalami nyeri pada saat hari hari pertama sampai kedua mens... sekitar dua tahun yg lalu, sakitnya bertambah. pada hari ke tiga sampai selesai mens saya masih merasakan nyeri di perut. akhirnya, saya beranikan diri ke dokter kandungan di salah satu rumah sakit di daerah pasar rebo. dokter mendiagnosa ada 2 kista di rahim saya&G ada pengobatan lain selain operasi. saya agak takut dgr kata "operasi"& coba tanya tmn saya yg bekerja sbg perawat. dia menyarankan mencari second opinion.2 minggu kemudian saya coba periksa lagi ke dokter kandungan lain.dokter ke dua mendiagnosa, ada satu kista di rahim saya.dokter menyarankan agar saya suntik hormon&saya melakukannya sebanyak 6 kali. yg saya tanyakan :
1) setelah rentetan pengobatan yg telah saya jalani, apakah dpt dikatakan saya sembuh ?karena selang 1 th setelah pengobatan, saya masih merasakan nyeri saat mens
2) apakah suntik hormon dapat menggaanggu kesuburan ?
3) apa yg harus saya lakukan untuk mengobati kista&tidak terganggu dengan neyri saat mens ?
4) adakah cara lain selain operasi untuk menghilangkan kista dari tubuh saya ?
5) apakah saya infertil ?
Terimakasih atas jawabannya
------------------
Dear Puput
Maaf agak lambat meresponnya krn kesibukan...
1. Sembuh total dari endometriosis rasanya sulit, selagi masih menghasilkan estrogen maka lesinya akan tetap ada.
2. Pilihan suntikan hormon buat yang belum menikah adalah yang terbaik. Tidak mengganggu kesuburan.
3. Segera maried dan punya anak :D
4. Tidak ada, suntikan hormon paling bisa mengcilkan saja
5. Nggak juga kan blm dicoba untuk hamil (married)
Salam...