| ]

Sore Dok,
Saya sekarang sedang hamil 8 minggu, tapi kemarin di perut saya keluar ruam merah dan gatal, seperti herpes gitu.
Perlu diketahui, dulu jauh sebelum menikah saya sering mengidap herpes di anggota tubuh saya seperti muka, tangan, kaki.
yang ingin saya tanyakan apakah herpes saya yang sekarang ini termasuk kategori herpes genital atau bukan. dan apakah nantinya akan berpengaruh buruk bagi janin saya.
sekarang ini saya sudah memberi salep acyclovir,hasilnya sudah mulai kering.
kira-kira saran apa dari dokter yang harus saya lakukan.
terima kasih
-------------------------

Yth Ibu...
Herpes Genital jika herpesnya muncul disekitar genitalia, jika munculnya hanya didaerah badan lainnya tentu saja nggak mengganggu proses kelahirnnya/tidak tertular ke bayi. Sangat jarang sekali virus bisa masuk ke bayi lewat plasenta. Jika terjadi maka bayi akan mengalami cacat bawaan yng serius.
Salam