| ]

Dear dokter,
Setangah tahun sebelum saya hamil, saya didiagnosa Condiloma acuminata, tp tidak samapi dilakukan cutter, waktu itu saya ingat dua kali saya ditetsi pada kutl2 yang ada dan minum obat yang ahrganya lumayan mahal dan alhamdulilah sudah hilang. waktu hamil saya juga keputihan, waktu periksa ke dokter katanya ga berani kalau uji lab, dan akhirnya saya diberikan obat yang dimasukkan dalam vagina sebanyak 3 hari berturut2 dan alhamdulilah bisa berkurang keputiahnnya, karena keputihan saya warnanya kehijauan.

Waktu melahirkan bayi saya mengalami belek mata yang parah sampai akhirnya mengeluarkan darah. Saya bawa ke spesialis mata dan positif bakteri nisseria. Pertanyaan saya, apakah ini ada hubungannya dengan Condiloma acuminata yang pernah saya idap? dan apakah saat ini saya masih menderita Condiloma acuminata ? mengingat sudah tidak ada kutil lagi dan saya tidak keputihan ?
terimakasih jawabanya
gita

=======================
Yth Ibu Gita

Belek mata pada bayi memang bisa akibat keputihan yang diderita ibu, atau paling nggak ada infeksi pada vagina ibu. Dan tertularnya pada saat persalinan.

Kalau ditanya ada hubungannya dengan Condilloma sebelumnya? Ada tetapi tidak secara langsung. Begini bu, STD (Penyakit menular seksual) biasanya jarang sendiri, sering bergerombiolan/borongan. Yang sering dipakai sebagai indikator adalah Gonorhea (disebabkan kuman Nisseria Gonprhea), artinya jika ditemukan GO maka besar kemungkinan ada infeksi yang lain, dalam hal kasus ibu ada Condilloma yang juga STD. Begitu benang merahnya...:senam: