| ]

Dokter, saya benar-benar bersyukur telah menemukan blog ini.

Konsultasi dengan dokter spog adalah hal yang sangat berharga untuk saya. Berharga dalam arti yang sesungguhnya, mengingat harga jasa konsultasi dokter spog di kota tempat saya tinggal tidaklah murah padahal saya sering kali ingin berkonsultasi setiap saat saya merasa bimbang atau pun membutuhkan bimbingan dalam kehamilan saya. Hehehe... Pelitkah saya??? :D

Nama saya Ria, umur 23 tahun, hamil 11 minggu. Saat ini saya ingin bertanya tentang beberapa hal:

1. Apakah ada efek samping jika saya minum susu khusus ibu hamil dalam kemasan siap minum (cair) rutin setiap hari 2 kali sehari, berhubung saya selalu merasa mual saat harus minum susu khusus ibu hamil yang harus diseduh dulu (bubuk)?

2. Saya search di internet dan tahu bahwa primadol adalah obat untuk mengatasi sakit kepala dan hanya diminum saat terjadi keluhan sakit kepala (bener ya dok? hihihi, takut salah). Nah,saat ke dokter kemaren, saya diberi primadol dan pihak apotik hanya menjelaskan bahwa obat tersebut diminum 1x sehari, tanpa informasi obat tersebut hanya dimium jika ada keluhan sakit kepala. Jadi, apakah sekarang saya harus minum obat tersebut setiap hari sampai habis, ataukah hanya saat terjadi keluhan saja?

3. Seberapa penting suplemen tambahan untuk ibu hamil? Apakah setiap hari selama masa kehamilan harus minum suplemen? Selama kehamilan ini saya telah 4 kali kontrol ke dokter yang berbeda. Dokter yang terakhir saya kunjungi, hanya memberikan preabor, primadol, dan satu pil hijau tanpa nama (karena saya tidak lihat resepnya, tapi kalau tidak salah namanya enziplex, kalau salah....maafkan saya dok! :D Seandainya benar namanya enziplex, fungsinya untuk apa ya dok?) untuk kurang lebih 10 hari, sedangkan jadwal saya kontrol adalah 4 minggu kemudian, itu artinya 18 hari berikutnya tidak akan ada suplemen yang saya konsumsi. Jadi, apakah saya perlu minta suplemen lagi ke dokter atau beli sendiri di apotik, atau tak perlu mengkonsumsi suplemen (saya khawatir dari makanan yang saya konsumsi tidak mencukupi kebutuhan gizi yang saya perlukan, mengingat saya termasuk jarang makan sayur-mayur)?

4. Suplemen apa yang paling lengkap kandungannya? Bolehkah saya meminta kepada dokter saya untuk menggunakan suplemen tersebut dalam resep untuk saya?

Untuk kali ini, cukup itu saja pertanyaan saya. Terima kasih dokter atas jawabannya. Blog anda benar2 hebat!



Hemat Pangkal Kaya :))
1. Tentu saja nggak apa2...
2. Untuk pain killer biasanya termasuk kategori B, lumayan aman. Diminum kapan perlu satu buah, dengan maksimal 3 x perhari.
3. Suplemen tetap dibutuhkan mengingat tingginya kebutuhan zat gizi pada bumil, seperti zat besi dll. Bisa dipenuhi jika mengkonsumsi susu bumil 2-3 kali perhari. Namun jika tidak bisa dibantu dengan suplemen dalam bentuk pil. Suplemen bisa dibeli tanpa resep dokter.
4. Yang lengkap : bisa Prenatin DF atau Folamil Genio (ini bukan sponsor lho :D)
Salam...