| ]

Salam,

Terima kasih sebelumnya utk Dr. Didi. saya sedang mengandung 8 minggu dan ternyata Saya terdeteksi adanya virus Herpes. dan saya di berikan ke 2 jenis obat tersebut. saya ingin tanya apakah boleh di minum ibu hamil dok? apa ada efek samping utk kedepannya?

---------
Salam juga
Imboost Force salah satu kandungannya adalah Echinacea purpurea, dalam penelitian pemberian Echinacea purpurea pada tikus hamil menyebabkan gangguan pertumbuhan pembuluh darah janin, sehingga nggak dianjurkan pada wanita hamil sampai ada penelitian selanjutnya. Pada kemasan obatnya juga kalau nggak salah sudah dicantumkan, agar tidak diberikan pada wanita hamil. BACA PENELITIANNYA.

Ini kutipan kesimpulan penelitiannya : In conclusion it should be stressed that pharmaceuticals containing Echinacea purpurea may influence fetal angiogenesis in murine experimental model and without further studies should not be recommended for pregnant women.
Valacyclovir oleh FDA termasuk kategori B. Karena nggak ada satupun obat yang masuk kategori A untuk orang hamil, mengingat nggak ada orang hamil yang mau jadi orang percobaan. Jadi jika memang sangat dibutuhkan bisa diberikan pada wanita hamil dengan dosis 2 x 500 mg.
Semoga membantu...