| ]

Selamat siang Dr. Didi...
Saat ini saya sangat membutuhkan bantuan dan advise dokter mengenai cacar air, dimana saat ini suami saya kena cacar air sedangkan saya sedang hamil 31 minggu. Saya sangat khawatir akan tertular cacar air setelah membaca beberapa artikel mengenai resiko kena cacar air pada saat hamil. Untuk itu saya mohon advise dokter untuk pencegahannya dan antisipasi apa yang dapat dilakukan agar tidak tertular cacar air. Apakah ada obat/vitamin yang baik untuk saya dan tentunya untuk bayi saya? Kalau ada mohon rekomendasi dokter vitamin apa itu?
Terimakasih banyak sebelumnya atas advise dokter...
Salam,
Deasy

preview image

Dear ibu Deasy
Pertama ibu pernah gak terkena? Kalau sdh terkena maka ibu sudah kebal jadi nggak perlu khawatir. Malah ada yang namanya silent infection, tanpa gejala dan ibu sudah kebal. Coba saja periksa antibody virusnya, jika positif berart ibu sdh kebal. tetapi jika nggak ada kekebalan, sebaiknya isolasi dulu hubby, artinya ibu jangan dekat2 dulu dg hubby, pasti dia ngerti, bilang saja agar nggak tertular. Dan tentunya penyakit suami diobati dengan baik.
Nggak ada vitamin khusus, cukup konsumsi vitamin yang biasanya saja, cukup makan dan istirahat. Prinsipnya hanya memperkuat imunitas.
Kalau seandainya terkena juga, dengan usia kehamilan 31 minggu, sudah cukup aman buat babynya untuk tidak terkena dampak infeksi pada ibu, sedangkan ibunya sama seperti pencerita cacar lainnya berisiko terkena radang paru atau pneumonia.
Infeksi yang mengancam bayi jika terjadi pada usia kurang dari 20 minggu atau terjadi seminggu menjelang lahir.
Semoga membantu salam...