| ]

dr. Didi ....
di milis bike to work aga rame nih mengenai masalah ini. taun lalu, pernah jg dipertanyakan hubungan kesuburan laki2 dan sepeda. tapi blum ada bukti sih. maksudku rata2 hampir smua baik2 saja. walau memang harus diperhatikan dengan pemilihan sadel, dsb.
hari ini tiba2 rame gara2 ada yg mempertanyakan masalah kesuburan wanita dan sepeda.
beberapa bilang ga ada pengaruhnya. karna speda toh bikin sehat.
tapiii, pengalaman pribadi aku, aku justru dilarang oleh obgin waktu mengutarakan niat mau ber bike to work. dengan alasan, aku ga boleh terlalu cape. karna waktu itu aku sedang menjalani program hamil.
pas aku share, ada yg setuju ada yg engga. terakhir sih aku cuma bilang sebaiknya ditanyakan kepada obgin.
dan ini adalah jawaban dari seorang dokter spesialis ..... aku lupa dia spesialis apa, yg jelas bukan obgin, dan juga bukan dokter umum.
Saya sudah coba lihat2 berbagai artikel tentang wanita dan bersepeda. Intinya bersepeda memang mempunyai resiko terhadap kesehatan organ2 seksual tapi yg lebih beresiko itu laki2 dan itu pun sudah diatasi dgn pemilihan sadel dan posisi mengayuh yg benar.
Pilih lah sadel yg sesuai, karena anatomi pria dan wanita berbeda. Karena bentuk tulang panggul wanita yg lebih lebar, pilih sadel yg bentuk bagian belakang melebar sehingga beban akan banyak tertumpu di tulang dibanding area *maaf* selangkangan.
Dan tidak ada hubungannya dgn posisi rahim dsb. Ada jg akibat olah raga rutin yg berakibat pada peningkatan hormon2 tertentu sehingga menambah kesuburan dan libido. Maaf lupa nama hormonnya.

Sebagai obgin bisa ga dok, memberikan pencerahan??
thx

--
-Vikka-
http://dunique.multiply.com
http://www.dbc-network.com/promo.php?id=vikka
www.senandungcintaku.wordpress.com
www.vikka83.multiply.com

----------------------------------------------

Kesuburan laki2 dan wanita jelas beda. Kalau laki2 dinilai dari kualitas spermanya yang tentu saja akibat testis(zakar) yang sangat dipengaruhi oleh faktor luar seperti kepanasan (celana OR ketat, posisi mengayuh sepeda dll )

Sedangkan pada wanita indung telur nya kan didalam perut jadi tidak mempengaruhi secara langung proses keluarnya telur dari indung telur.