| ]

alo Dr.
kebetulan saya mendapatkan email Dr.
saya ingin minta bantuan Dr nih
ceritanya saya udh 3 kali hamil
pertama kalinya kandungan saya ga ada masalah, sampai bulan keenam tiba2 perut saya gede banget sampe berat badan saya naik 10 kg dlm waktu 1 bulan, kata Dr.SPog saya hamil air. masuk bulan ke-8 ketuban saya pecah, anak saya lahir prematur, 1,8 kg dan hanya bertahan 2 minggu

kehamilan kedua saya normal, sekarang anak saya udh 2 tahun 7 bulan
oh ya, di awal kehamilan kedua ini, saat 6 minggu, saya menjalani operasi benjolan di payudara, dan alhamdulilah sampai sekarang baik adanya

kehamilan ketiga saya normal, sampai akhirnya minggu ke-20, Dr. Spog menyatakan janin saya ascites, setelah 2 minggu kemudian tidak ada perubahan, akhirnya janin saya terpaksa dilahirkan

saya sudah tes torch, hasilnya negatif (kata Dr. saya pernah terinfeksi CMV dan HPV II)
5 bulan yang lalu saya papsmear hasilnya:
mikroskopik:
hapusan cukup adekwat
menunjukkan sel epitel bertatah jenis superfisial, intermedier dan parabasal dengan perubahan keradangan
kelompok sel epitel endocervix dan sedikit sel metaplastik
banyak sel radang PMN, mononuklear / makrofag dan eritrosit

yang ingin saya tanyakan Dr:
1. sebenarnya apa penyakit yang saya alami?
2. seandainya saya ingin hamil lagi, tes apa saja yang sebaiknya saya lakukan?
3. apa arti dari hasil papsmear
4. pengobatan apa yang perlu saya lakukan

terima kasih atas saran dan jawaban dari Dr..



Yth Ibu...
1. Untuk air ketuban banyak baca ini sedangkan bayi dengan asites bisa karena infeksi virus yang ibu alami
2. Gak perlu test apa2 lagi, perkuat saja daya tahan/imun dengan mengkonsumsi makan berprotein tinggi serta konsumsi suplemen/ vitamin
3. Sepertinya ada peradangan di leher rahim
4. Obati saja infeksi di leher rahimnya, tentunya ke spog :)