| ]

Sore dokter didi,
Saya baru saja hamil anak pertama. usia kehamilan kira-kira 2 bulan (8 minggu).Begini dok...pada tanggal 24 des perut saya berasa seperti melilit dan saya mengalami pendarahan seperti mens dan mengeluarkan gumpalan2 yang cukup banyak pulang dari kerja.itu selama 2 hari, 4 hari berikunya hanya sedikit tanpa gumpalan.setelah itu saya coba gunakan tespack dan hasilnya positif.tgl 2 jan saya ke bidan dan di kasih obat penguat rahim.hari seninnya tgl 5 jan saya ke dokter kandungan dan di USG.katanya janinnya masih ada dan saya juga diberi obat penguat lagi dan vitamin. yang saya mau tanyakan apakah saya benar2 hamil dok.soalnya waktu ke bidan kemungkinan keguguran besar. saya juga merasa keguguran karena gumpalan2 yang keluar banyak dan sejak keluar gumpalan sampai sekarang saya tidak merasa seperti orang hamil.biasa saja (tidak mual, perut tidak kencang, payudara tdk sakit),tidak seperti belum pendarahan.saya jadi bingung dok masih hamil atau tidak?saya jadi ragu dengan hasil usg dokter itu dan juga dokter itu tidak banyak komentar seperti pelit bicara dan saya disuruh balik sebulan kemudian.bagaimana pendapat dokter mengenai masalah saya?kalau saya benar masih hamil bagaimana nasib calon anak saya nanti apakah tumbuh sempurna atau tidak?semoga dapat meringankan pikiran saya.terima kasih........(Lani)


Sore Juga
Yang jelas ibu mengalami gejala keguguran, tetapi hasil konsepsinya belum keluar, terbukti dari hasil USG masih terlihat kantong hamil dan janin didalamnya. Sebaiknya lakukan kontrol ulang lagi untuk melihat perkembangan bayinya. Jika tdiak berkembang atau missed abortus baru dilakukan kuretase untuk mengeluarkannya, tetapi jika masih baik maka kehamilan dapat diteruskan tanpa ada efek apa2 pada bayinya.

Gejala abortus memang bisa mengeluarkan darah yg banyak, bergumpal2...tetapi tidak mengganggu janin karena darah yang keluar adalah darah ibu. JAdi kontrol untuk USG kembali, kalau perlu dalam 2 minggu lakukan USG ulang untuk melihat perkembangannya. Sementara konsumsi obat penguat yang diberikan dan bedrest. :)