| ]

Salam sejahtera dok,
Saya novi di bandung, saya baru menikah tgl 3 jan 2009. awal bln feb 09 saya check ke dok ktnya ada kista ukuran 6,5 cm di indung telur sebelah kanan. saya bingung jg soalnya selama ini saya tidak ada keluhan ketika menstruasi. kemudian selama 1 bulan saya terapi minum obat azol tp ternyata awal maret saya check lg kista tidak mengecil. dan ternyata saya hamil. apa pendapat dokter tentang apa yg saya alami? terima kasih. GBU
______________________________________________________

Hamil dengan kista biasanya dilakukan operasi saat usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), karena pada saat tersebut fungsi penghasil progesterone (untuk mempertahankan kehamilan) yang sebelumnya di emban oleh indung telur (ovarium) sudah diambil alih oleh plasenta. Sehingga tindakan mengangkat kista gak mempengaruhi kehamilan. Nantinya diharapkan persalinan dapat berlangsung secara normal.

Tetapi yang ada juga yang gak lazim...ditunggu cukup bulan lalu kista diangkat sekalian Cesar...Kista sendiri tidak mengganggu kehamilan...