| ]

Dear dr. Didi..
Saya wanita usia 30 thn (suami 31 thn) dan hampir setahun menikah. sebulan setelah menikah saya pernah konsultasi ke dokter spOg untuk persiapan hamil, setelah USG vagina, dokter bilang kondisi rahim,telur,dll baik.

Hanya melalui hasil foto,di sebelah kiri banyak titik2 putih yang menurut penjelasan dokter artinya terlalu banyak telur tapi selama haid saya teratur maka itu tidak jadi masalah (meskipun saya kurang paham atas penjelasan tsb. karena saya sdh cukup senang dgn perkataan dokter bahwa saya baik2 saja, maka saya tdk meminta penjelasan lbh lanjut).

Kondisi Pasutri : 1. sama2 perokok aktif 2. golongan darah sama2 AB 3. semua saudara kandung yang menikah semuanya tdk lebih dr 3 bulan sudah hamil. Masalah: setelah menikah haid jadi tidak teratur sehingga sulit menghitung masa subur.

Contoh kasus: haid terakhir mulai tgl 24 juni sampai 28 juni 2009. perkiraan masa subur 7 hari setelah selesai haid atau 11 hari dari awal haid, maka ditemukan tgl 5 juli 2007. mulai tgl 5 juli 2009 sampai tgl 7 juli 2009 saya menggunakan alat untuk mengecek kesuburan namun hasilnya selalu negatif.

pertanyaan: 1. mengapa hasil FERTITEST tidak memunjukan kesuburan padahal menurut hitung2an saya dalam masa subur? 2. kira2 apa masalah yang saya alami? 3. tes atau pengobatan apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah tsb? atas perhatian dan jawaban dr.didi saya ucapkan banyak terima kasih. salam, Varanel (nama samaran) .
________________________________________________________

Yth Ibu
Untuk kasus haid yang tidak teratur range masa suburnya bisa saja berbeda bu, tidak harus selalu 7 hari setelah haid. Bs saja rangenya lebih lebar. Coba baca ini

Pernyataan diatas sudah menjawab pertanyaan nomor satu.

Untuk pertanyaan nomor 2. disamping timing yang kurang tepat melakukan fertitest, ada penyebab lainnya yaitu ibu tidak mengalami OVULASI alias ANOVULASI> Untuk selengkapnya baca post ini Kalau sudah baca post ini sekaligus sudah menjawab pertanyaan no 3