| ]

Dear dr.Didi
Saya seorang ibu 28 Thn, 2 bulan yang lalu saya mengganti alat kontrasepsi dengan menggunakan metode susuk/implant, sebelumnya saya mengunakan Pil KB selama +2,5 thn ( Desember 2006 - April 2009 ).
Selama menggunakan Pil KB Siklus Haid saya teratur setiap bulannya selama 7 hari, tetapi sejak menggunakan susuk/impalnt siklus haid saya tidak teratur ssb:
- Tgl. 14-04-09 Pemasangan KB Susuk/Implant
- Tgl. 15-04-09 Haid ( selama 7 hari ) seperti biasa
- Tgl. 03-05-09 Haid ( tetapi hanya berupa flek selama 10 hari )
- Tgl. 24-05-09 Haid ( hanya berupa flek lagi selama 12 hari smpai dengan hari ini )
Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah siklus haid saya wajar / ada kelainan ?
2. Apakah disebabkan oleh perubahan hormon setelah mengganti alat kontrasepsi ?
3. Bagaimana cara mendeteksi jika ada kelainan,dan apakah saya perlu melakukan pemeriksaan ?
Terima kasih...
================

Yth ibu
1. Efek samping dari implant memang bisa seperti itu, haidnya menjadi tidak terartur. Bisa banyak, sedikit atau nggak haid sama sekali
2. Betul bu...
3. Cuma buat kontrol sesekali lakukan juga USG...