| ]

Yth. Dokter...
Dok,mau tanya dong...
Saya berusia 30 tahun, pada tanggal 3 Mei 2009 lalu saya melakukan persalinan normal induksi) pada usia kehamilan 5,5 bulan disebabkan bayi saya meninggal dalam kandungan pada tanggal 28 April 2009). Menurut dokter yang melakukan USG, bayi saya menderita higromakoli di leher belakang. Setelah persalinan dilakukan kuret karena sebagian besar plasenta masih menempel di rahim.

Saya berencana untuk segera hamil lagi. Saya mendapatkan haid kembali setelah nifas pada tanggal 14 Juni 2009 dan pada hari ke-5 haid dokter menyarankan saya untuk minum Yasmin, yang ternyata merupakan pil KB. Saat saya tanyakan kembali, dokter saya tetap menyarankan untuk minum Yasmin (21 tablet) dengan alasan bisa menyuburkan.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Apa itu higromakoli? Dan apakah hal tersebut bisa berulang pada kehamilan berikutnya?
2. Apakah ada hubungan antara mengkonsumsi pil KB dengan kesuburan? mungkin gak saya segera hamil bila konsumsi pil KB dihentikan?

Terima kasih untuk penjelasannya ya Dok....
MUB
__________________________________

Yth Ibu

1. Untuk info lengkap tentang hygroma colii atau lebih tepatnya cystic hygroma colli dapat dibaca di link ini : KLIK

2. Yang namanya kontrasepsi jelas saja akan menghalangi kehamilan jika mengkonsumsinya.(dogma). Mungkin tujuannya agar haidnya jadi menjadi teratur...sehingga kesuburan tetap terjaga.

salam