| ]

Dokter Didi,
Saat ini saya sedang hamil 26 minggu. Sewaktu check up kemarin hasil USG menunjukkan titik2 putih di plasenta yg oleh dokter dikatakan sebagai kalsifikasi plasenta. Normalnya terjadi pada usia kehamilan 9 bulan. Saya disarankan untuk makan banyak sayur dan buah serta diberikan resep utk suplemen Procalma dan Lycoq.

1. Mengapa pada usia kehamilan baru 26 minggu saya sudah mengalami kalsifikasi plasenta? Apa penyebabnya? Dan apakah dapat berefek negatif terhadap janin?
2. Apa yang harus saya lakukan untuk mencegah kalsifikasi plasenta tsb menjadi lebih parah?
3. Saya baca di website dari produsen Lycoq, bahwa Lycoq tidak boleh digunakan pada wanita hamil, tetapi suplemen ini diresepkan oleh dokter saya. Apakah suplemen ini aman untuk wanita hamil apabila dengan resep dokter?

Terima kasih banyak sebelumnya
______________________________________________________

Harus ditanyakan kembali ke dokternya derajat pengapurannya. Jika derajat 1 atau 2 maka hal itu gak berarti apa secara klinis. Kecuali Ditemukan grade 3, harus dilakukan pemantauan ukran/berat bayi secara teratur /berkala.

1. Secara normal memang baru terjadi kalsifikasi pada trimester III (28-40mg atau lebih), tetapi penyebab kalsifaksi sendiri belum pasti, secara alami plasenta karena palsenta yang menua seperti padakehmailan lewat waktu. Sedangkan kalsifikasi dini pada beberapa penelitian didapatkan pada ibu yang merokok dan pada usia ibu yang tua. Kalau hanya grade 1 dan 2 gak pengaruh. Sedangkan grade 3 harus dilakukan pemantaun secara berkala terhadap pertumbuhan janin.

2. Diet yang cukup dan baik. Kalau bisa konsumsi juga antioksidan. Yang alami banyak terdapat pada sayuran dan buah2an. Memang secara lab, blm banyak bukti kemanan pada wanita hamil, tetapi secara empiris wanita hamil yang mengkonsumsi makanan yang menagndung lycopene tidak mengalai gangguan apa2 pada bayinya.

3. Lycoq kan kandungannya utamanya lycopene yang tidak berbahaya, karena banyak terdapat secara alami pada buah2an (terutama tomat) dan fungsinya sebagai antioksidan dan dapat mencegah proses degenerasi.

Semoga bermanfaat