| ]

Salam kenal sama dokter didi..
Dok...saya bingung dengan kehamilan istri saya dan kelahirannya jadi mohon saran dan bantuan dari Dokter...

Saya nikah tanggal 28 Juni 2008..tanggal 12 juli 2008 periksa di puskesmas positip hamil..kami melakukan hubungan pertama kali tanggal 28 Juni 2008,, setelah waktu berjalan kami selalu periksa di klinik bersalin..karena untuk mengetahui jenis kelamin anak saya..tanggal 22 januari 2009 kami usg dan dokter bilang usia kandungan istri saya sudah delapan bulan lewat..karena tidak percaya saya tetap ngotot kandungan istri saya baru 6 bln lewat..

Pada tanggal 2 pebruari 2009 ketuban istri saya keluar dan saya usg lagi dan dokter bilang di foto usg bahwa taksiran kelahiran istri saya 29 januari 2009,..tanggal 3 pebr 2009 anak saya lahir normal dengan berat 3050 gram dan panjang 50 cm..

Yang saya tanyakan kenapa anak saya lahirnya cepat sekali?? karena menurut hitungan saya istri baru hamil 31 minggu 3 hari dan kandungan cukup umur 38 minggu dihitung dari pertama kali pembuahan...apakaah bayi dengan umur 31 minggu 3 hari dapat lahir seberat itu dok?? mohon penjelasanya....trimakasih
____________________________________________

Pertanyaan nya sulit2 mudah untuk di jawab...Memang bisa saja usia kehamilan 31 minggu beratnya sdh segitu, tetapi biasanya ada kondisi yang gak normal seperti dibates dll. Hamil cukup bulan 37-41 minggu.

Pernah gak melakukan USg di TM I kehamilan ? Kalau pernah maka hal ini akurat...kalau USG nya dilakukan setelah hamilnya besar (TM II atau III) maka bias/kesalahnnya-nya semakin besar...

Ada sih kemungkinan lain, cuma masalahnya sensitif kalau dibicarakan disini...harap maklum.